10 Kisah Lukisan Palsu Yang Terungkap!

10 Kisah Lukisan Palsu 
Yang Terungkap

Lukisan menjadi salah satu seni peradaban manusia yang ada sejak jaman purba. Kini seni menjadi salah satu karya yang tak ternilai, apalagi jika hasil karya seninya memiliki histori panjang dan menggetarkan. Seperti halnya pada aliran seni lukis, saking orang begitu menghargai sebuah karya seni lukis, semakin tinggi dan bernilai karya lukis tersebut. Akibatnya timbul sebuah peluang jahat bagi mereka yang ingin mengeruk keuntungan pribadi dengan cara memalsukannya. Berikut kasus lukisan terkenal yang dipalsukan dan berhasil di ungkap. Check in shoow gan...



Lukisan Palsu 1


Sebuah mahakarya Picasso ini berhasil di palsukan oleh orang yang bernama Mark Landis. Karyanya sukses menipu penikmat lukisan hingga di 20 negara. Ide memalsukan lukisan ini awalnya hanya untuk menyenangkan ibunya dan menghormati ayahnya. Menurut pengakuannya tak serupiahpun dia menerima keuntungan dari hasil lukisan palsu ini.


Lukisan Palsu 2


Sebuah mahakarya Michelangelo berjudul Sistine Chapel, juga menjadi korban pemalsuan. Lukisan ini berhasil dipalsukan oleh sesorang dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, beruntung lukisan ini berhasil diungkap dan terbukti memang palsu.


Lukisan Palsu 3
Seorang pemalsu lukisan ulung bernama Icilio Federico Joni telah bertahun-tahun berhasil menipu pelanggannya. Setelah seorang sejarawan bernama Bernard Berenson berhasil mengungkap sepak terjangnya. Icilio Federico Joni juga terindikasi telah banyak menjual koleksi karya pelukis terkenal yang ternyata juga palsu, seperti contoh pada gambar diatas.



Lukisan Palsu 4


Sekitar abad ke-18, seorang kolektor lukisan bernama Duke of Devonshire, berhasil ditipu mentah-mentah oleh pelukis palsu yang bernama William Sykes dengan harga tinggi. Lukisan ini berjudul "Virgin and Child with Canon van der Paele," dilukis asli oleh van Eyck, tahun 1434.


Lukisan Palsu 5


Sebuah maha karya Johannes Vermeer berhasil di palsukan oleh Van Meegeren. Lukisan ini terbukti palsu ketika terlihat di sebuah ruangan koleksi pemimpin Nazi pada Perang Dunia II. Karena kesalahanya tersebut maka Van Meegeren harus membuktikan dengan memalsukan karya orang lain selama dalam penjara.



Lukisan Palsu 6


Tom Keating, seorang pelukis palsu yang sangat ulung berhasil ditangkap setelah sekitar 2000 lukisan palsu berhasil dia ciptakan dari 100 karya aslinya! Selepas dari hukuman penjara, dia malah menjadi bintang serial tivi yang terbilang sukses, dan ketika meninggal di tahun 1984 karya-karyanyapun ikut dilelang di balai lelang terkenal Christie. Diatas adalah salah satu karya yang berhasil dipalsukan.



Lukisan Palsu 7


Sebuah maha karya Chagall menjadi korban karena ulah Myatt si pelukis palsu. Lukisan ini terdeteksi palsu ketika Giacomett sejarawan mencurigainya. Lukisan palsu ini terungkap bersama 60 lukisan palsu lainnya. Selepas menjalani masa hukuman Myatt ditugaskan untuk membantu melacak pemalsu lainnya. George Clooney, seorang produser film tertarik dan berniat mengangkat kisah perjalanan hidupnya jadi sebuah film.



Lukisan Palsu 8


Kali ini pelaku justru dilakukan oleh
 seorang lulusan seni asal London Royal Academy of Art, bernama Hebborn. Hebborn di duga telah menjual sekitar 1000 lukisan palsu karya Flemish Peter Paul Rubens, Raphael, Anthony van Dyck, Nicolas Poussin, dan Giovanni Battista Tiepolo pelukis di abad ke-18. Hebborn tewas dibunuh seseorang di tahun 1996.



Lukisan Palsu 9


Penipuan terluas jangkauannya sepanjang masa hingga abad ini terjadi di tahun 2008 oleh pelukis palsu tua berusia 80 tahun, bernama Greenhalgh. Karyanya sangat banyak jenisnya, dari sebuah patung Mesir yang katanya berasal dari 1350 SM, mengelabui museum British hingga balai lelang sekaliber Christie. Greenhalgh terbukti melakukan penipuan setelah seorang sejarawan asal Inggris mencurigai tulisan kuno yang tertulis 'salah eja', yang menurut Greenhalgh berasal dari jaman Mesopotamia abad 700 SM.



Lukisan Palsu 10




Siapa sih yang nggak kenal lukisan yang berjudul Monalisa? Eduardo, seorang pencuri, menyewa seorang pelukis Perancis bernama Yves Chaudron untuk membuat tiruan lukisan Monalisa, dia menggandakan lukisan asli tersebut sebanyak 6 buah. Keenam lukisan palsu tersebut dijual dengan harga yang sangat tinggi. Apes, pada tahun 1913 justeru saat sedang menjual lukisan Monalisa yang aslinya Eduardo tertangkap basah polisi.


Yoyoi man-temans, gan and sista, itulah beberapa kejahilan yang sering
ane terima sebagai anak paling kecil. Sekarang ini kalau ketemu
kakak-kakak ane suka pada malu sendiri. Jujur ada rasa kangen buat di
jahilin lagi, atau niat buat balas dendam, tapi yah gitulah kalau kita
udah gede jadi pada malu sendiri. Gimana pun nakal dan jahilnya mereka
sewaktu kecil, mereka adalah saudara kandung kita yang wajib kita sayangi
hingga akhir hayat....Punya pengalaman seru dengan mereka? Share dimari
doooooong.... SALAM ISKRIM





sumber gambar: oom gugel

No comments