Tips Aman Berkendara Saat Menerjang Hujan

Tips Aman Berkendara 
Saat Menerjang Hujan (Rider, Wajib Dibaca)


Sebentar lagi memasuki bulan Oktober man-temans, 
gan and sista,yang menurut ahli cuaca diprediksi sebagai bulan musim penghujan. Banyak dari kita semua masih belum menyadari atau malah nggak tahu musim hujan biasanya jatuh dibulan apa saja. Yah meskipun saat ini cuaca sulit untuk diprediksi, setidaknya kita wajib mengingat pepatah "Sedia payung sebelum hujan", artinya persiapan sebelum sesuatu terjadi itu sangatlah penting. Nah di thread kali ini ISKRIM mau bahas soal kita, para biker, agar selalu siap disegala kondisi cuaca dan tiba di tujuan dengan selamat.

Musim hujan bagi petani adalah anugerah tiada tara, namun bagi pengedara dijalan bisa menjadi momok yang cukup mengganggu, selain aktifitas jadi terganggu kadang mendapatkan masalah dengan kendaraannya, karena mogok atau sesuatu hal misalnya. Berikut tips-tips sepele dari ISKRIM, walau terlihat sepele namun bisa menyelamatkan hidup ente gan, apa aja sih?Check in show daah...



POINT 1



Saat menerjang hujan, sebagai point awal, 
demi keselamatan di jalan hingga tiba di tujuan dengan selamat dan bahagia, jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa secara psikologi membuat kita jadi lebih tenang dan aman :D. "Sayang.., akuuu daataangng..!" :genit




POINT 2




Saat menerjang hujan, matikanlah terlebih dahulu hape, mp3 player 
atau ubah ke mode pesawat hal ini dapat memutus jalur aliran listrik dari langit ke bumi secara langsung. Kandungan logam yang ada dalam perangkat ponsel jika ponsel dalam keadaan aktif dapat membuka jalur ente kemungkinan tersambar petir.



POINT 3




Saat menerjang hujan, pastikan ente menggunakan jas hujan 
model pakaian terusan, bukan model ponco atau batman. Model batman memiliki sayap yang bisa memicu kecelakaan karena sayap bisa terjerat di ruji motor atau kepakkannya mengganggu kosentrasi pengendara lain.




POINT 4




Saat menerjang hujan, usahakan jangan ngebut, kurangi kecepatan 
di jalur apapun, lebih aman ambil posisi kiri jalan, jangan berlaku zig-zag, selain jalan jadi licin karena air hujan, manuver saat menikung atau hal diluar dugaan akan lebih sulit dilakukan dan dihindarkan.




POINT 5




Saat menerjang hujan, kosentrasi jarak pandang wajib dan fokus hukumnya. 
Menerjang hujan berarti hambatan jarak pandang ente semakin berat, selama dijalan gunakan naluri pengukur jarak pandang ente agar tetap aman di depan maupun dari samping, lindungi wajah dengan kaca helm dari terpaan air hujan.




POINT 6




Saat menerjang hujan, periksa dulu keadaan ban, 
kembang ban, lampu, dan klakson, posisi busi apakah semua berfungsi dan dalam kondisi terbaik. Ban agak kempis lebih aman dan tidak licin, kembang ban utuh tidak botak mampu meredam dan menyapu air kepinggir ban, lampu dan busi pastikan kondisi baik dan letak busi tidak meregang. 




POINT 7



Saat menerjang hujan, fokus juga terhadap genangan air
yang ada di depan dan kiri-kanan kita. Genangan air di titik-titik tertentu menandakan disitu ada jalan yang tidak rata, cenderung lebih rendah dari permukaan jalan dan berbahaya bagi rider jika jalan itu ternyata berlubang.




BONUS 
SAFETY FIRST







Nah gimana man-temans, gan and sista, 
beberapa tips ini semoga berguna buat kita semua, terutama para pengendara. Jangan anggap hujan sebagai musibah, tapi anugerah! Sekali lagi sebuah anugerah drai Tuhan YME, banjir terjadi karena ulah dan keserakahan manusia. Punya pengalaman tentang 'kehujanan"? Share dimari dah, komen ter greget bakal ane pajang dipekiwan. Salah dan kurang ane minta maaf, mohon koreksiannya. Terimakasih...SALAM ISKRIM



ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel | art : sotoshop oleh iskrim

No comments