Kenapa Harus Ada Uang Logam?

Sudah Ada Uang Kertas 
Kenapa Harus Ada Uang Logam? Ini Alasannya

Sejarah mengenai di temukannya uang
mungkin sudah kita ketahui bersama. Setelah berabad-abad lalu proses jual beli dengan cara barter kini digantikan dengan sebutan 'uang'. Evolusi barter, tuker barang yang ber-evolusi menjadi uang inilah yang sampai saat ini kita gunakan sebagai alat pembayaran sehari-hari yang sah. Tapi tahukah man-temans, gan and sista, kenapa kita mengenal dua jenis uang dalam kehidupan kita ini?

Dulu, sempet sih kita mengenal uang jenis plastik polymer pada lembar uang seratus ribuan, tapi gak bertahan lama. Apa alasanya harus di terbitkan dua jenis uang ini? Itulah yang menjadi bahan tulisan ISKRIM kali ini, penasaran? Check in show dah...



ALASAN 1



Uang logam sifat umumnya adalah karena memiliki nilai lebih kecil dari uang kertas. Dalam penjumlahan tertentu terdapat nilai pecahan, guna 'menggenapkan' nilai tukar uang, maka di ciptakanlah uang logam. Ada yang bilang; nggak jadi sejuta kalau uangnya kurang seratus perak! Gimana jadinya kalau ente belanja dan tidak ada uang kembalian 500 rupiah, sedang misalkan semua uang yang beredar terendah adalah minimal 5000 rupiah? Jadi meskipun uang logam terlihat sepele tapi memiliki peran yang besar.



ALASAN 2



Karena sifatnya bernilai kecil maka uang logam menjadi uang yang perputarannya lebih cepat dari uang kertas. Efek jangka panjangnya adalah selain jadi lebih hemat biaya dan produksi, uang logam juga lebih tahan lama dalam pemakaiannya.



ALASAN 3



Dalam memproduksi uang Reublik Indonesia,
menurut Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), 
Suhaedi, Uang kertas itu ada fitur pengaman yang jumlahnya lebih dari 10, alasan itulah mengapa biaya produksi uang kertas jadi lebih mahal dari uang logam.



ALASAN 4



Resiko kehilangan yang tidak besar. Apa maksudnya?, 
karena perputaran uang yang cepat, kehilangan uang dalam bentuk logam yang bernilai kecil jadi tidak begitu memberatkan pemiliknya. Lain ceritanya kalau uang kertas yang biasanya bernilai besar di atas nilai mata uang logam, resiko kehilangan akan menjadi masalah besar bagi pemiliknya.



ALASAN 5



Bisa menjadi alat edukasi. 
Uang logam selain sebagai alat tukar yang sah ternyata juga bisa menjadi alat untuk mengenalkan anak tentang berhemat. Kondisi uang logam yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana menjadikan uang logam akrab dipegang anak-anak. Mengenalkan uang logam terhadap anak-anak sangat baik agar bijaksana menggunakan uang. Menabung dan berhemat adalah tujuannya.


ALASAN 6



Menjadi media kreatif dan terciptanya peluang kerja. Apa maksudnya nih? 
Yup dengan hadirnya uang logam di tengah masyarakat menciptakan peluang untuk menghasilkan pemasukkan secara bisnis. Contohnya adalah ketika orang-orang kreatif mampu melihat peluang dengan membuat kreasi uang mahar yang dibentuk dari uang logam, keren!



ALASAN 7



Isu terkahir saat ini dalam perkembangannya, 
ternyata uang logam mampu membentuk sebuah komunitas. Bukan komunitas perkumpulan organisasi, gan, tapi lebih kepada spontanitas dalam pembetukkan penggalangan dana sosial. Kita udah tahukan kasus tentang Ibu Saeni, pemilik warung makan yang waktu lalu digerebek oleh Satpol PP Serang, mendapat sumbangan Rp 265 juta lebih dari masyarakat dari terkumpulnya uang logam ini? Contoh lain, Bilqis Anindya Passa (17 Bulan) yang orang tuanya tidak mampu membutuhkan biaya operasi sebesar 1 miliar? Semua itu bisa di kabulkan karena uang logam ini. Dan masih banyak contoh efek positif dari manfaat di terbitkannya uang logam. Jadi mulai sekarang jangan sepelekan uang logam ini yah, gan.



FAKTA TENTANG UANG LOGAM
YANG MUNGKIN BELUM ENTE KETAHUI


FAKTA 1

Nilai nominal, adalah nilai yang tertera pada uang tersebut
Contohnya uang seratus ribuan kertas, nilai nominalnya seratus ribu,
padahal harga kertas ongkos produksi pembuat uang itu nggak sampai 100 ribu.

Nilai intrinsik adalah nilai bahan pembuat uang.
Contohnya, uang logam 100 perak, nilai bahan pembuat uang ternyata lebih
dari nilai nominalnya yang hanya 100 perak tersebut.



FAKTA 2


Uang logam bisa menjadi media klenik.
Uang logam ber gambar presiden 1, Soekarno menurut cerita mampu menjadi sarana mengundang datangnya rezeki agar mengalir deras, sarana meningkatkan aura kharisma dan kewibawaan, sarana untuk keselamatan lahir maupun batin, Sarana menggagalkan segala macam kejahatan yang sifatnya negatif, Sarana melariskan segala dagangan, dan lain sebagainya. 



Nah gimana man-temans, gan and sista, 
gimana, udah jelaskan dan tahu alasannya kenapa uang logam di terbitkan oleh BI. Jadi mulai sekarang jangan sepelekan uang logam ini yah gan. Meski keliatan sepele ternyata menjadi salah satu yang bermanfaat besar dalam kehidupan kita. Ente punya pengalaman tentang uang logam atau receh ini? Share dimari dong, komentar ter greget bakal ane pajang di pekiwan. Salah dan kurang mohon maaf dan koreksiannya.
 Terimakasih...SALAM ISKRIM


ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel
art : sotoshop oleh iskrim | diolah: ref 1 ref 2ref 3


No comments