Beberapa Fakta, Kita Paling Males 
Melakukan Ini (Jangan Diulangi Lagi Ya Gan!)

Faktor malas, menjadi penyakit umum buat manusia 
yang nggak mau bergerak (mager) atau malas melakukan sesuatu pada tempatnya. Hal-hal sepele ini kadang menjadi ganjalan dan aib bagi mereka sendiri. Ada 2 jenis malas menurut ISKRIM, malas tertutup dan malas terbuka. Malas tertutup adalah malas untuk berfikir, dan malas terbuka adalah malas seperti contoh sederhananya adalah membuang sampah bukan pada tempatnya.

Malas terbuka menurut ane menjadi tanggung jawab pribadi, 
karena menurut ts apa yang telah dilakukan atas dasar kemauan diri sendiri yang akhirnya akan berdampak pada kehidupan sosial. Nah, mulai dari sekarang hilangkanlah rasa malas itu gan. Sadarlah, dari hal kecil dan sederhana ini, akan berarti besar bagi lingkungan dan kehidupan sosial kita.




Fakta 1


Ini nih, yang biasanya seringkali disepelekan orang banyak.  
"Ah, bentar lagi, waktunya masih panjang kan?"Kata itu biasanya yang tercetus dalam hati. Padahal kebutuhan dan keinginan kita kepada Tuhan YME maunya segera terjawab, tapi anehnya untuk menjalani ibadah shalat tepat waktu aja kita nggak bisa. Kalau kita aja udah malas tepat waktu menghadap Tuhan kita, gimana mau dikabulkan doa-doa kita?, anehnya lagi saat janjian sama gebetan kita bukan tepat waktu tapi malah lebih cepat dari waktu yang di janjikan, lucu ya!



Fakta 2


Ente tahu gak gan, salah satu pendeknya usia pakai 
elektronik dirumah kita adalah karena sebab sepele, apa penyebabnya? Penyebabnya sih sepele, gan, karena kita malas untuk mencabut steker atau colokkan yang masih menancap di stop kontak. Steker yang masih menancap di stop kontak akan tetap menyalurkan arus listrik dan komponen elektronik kita tetap aktif di belakang layar, karena masih ada arus listrik maka usia pakai elektronik kita akan semakin berkurang.



Fakta 3


Ini sih udah menjadi penyakit sosial kali yak. 
Nggak perlu di jelasin panjang kali lebarnya. Dampak negatifnya buang sampah sembarangan adalah selain menimbulkan bau yang tidak enak, menimbulkan penyakit, membuat saluran air jadi macet karena sampah ini. Jadi jangan menyalahkan atau mencari kambing hitam karena ulah kita rumah jadi kebanjiran. Buanglah sampah pada tempatnya! Kedua, adalah menyebrang bukan pada tempatnya, kalau tiba-tiba ditabrak, siapa yang akan rugi dan kesakitan?



Fakta 4


Ini mungkin karena taraf kehidupan dan pola 
fikir yang masih rendah, jadi olah raga dianggap hal gak perlu. "Gwe tiap hari aja udah sibuk kerja, udah banyak gerak". Olah raga dengan bergerak tentu berbeda, gan. Dengan olah raga kita mengikuti pergerakkan yang teratur dan gerakkannya pun sudah tepat karena udah ada penelitian oleh ahlinya. Jadi kalo udah gerak jangan dianggap udah olahraga. Ingat yah gan, sehat itu murah, sakit itu mahal harganya. Mulai sekarang bangunlah lebih pagi, luangkan waktu 5 -10 menit deh sekedar untuk joging kecil dan atur pernafasan, jaga pola hidup sehat biar kita selalu bugar.



Fakta 5




Ini juga hampir mirip dengan faktor kesehatan. 
Yup, bisa dikatakan baru 10% saja masyarakat kita nyadar betapa pentingnya merawat dan menjaga kesehatan mulut, terutama gigi kita. Kebutuhan memeriksakan gigi sebenernya cukup 6 bulan sekali, gan. Makan jadi gak enak atau penampilan jadi nggak asikkan kalau kita lagi sakit gigi. "Woi, jangan berisik, gwe lagi sakit gigi nih!", "Aduh, gwe jadi gak bisa merasakan makan enak, nih!" Begitu kira-kira yang dialami oleh penderita sakit gigi.



Fakta 6



Ini kadang hal sepele yang cukup mengganggu. 
Menggunakan standar samping emang sih sangat praktis dan memang tujuannya hanya untuk menyanggah motor, berhenti sejenak, ingat yah gan, hanya untuk berhenti sejenak bukan berjam-jam!! Coba ente perhatikan hanya karena malas untuk menggunakan standar dua, ruang atau space parkir sedikit banyak jadi memakan tempat, orang lain jadi gak kebagian tempat, kalau kita perhatikan mereka yang menggunakan standar sampir di mall atau di pasar bisa berjam-jam lamanya. Ada joke dari temen, "Bro, kalo parkir motor jangan pake standar samping", "Emangnya kenapa?", "Nanti motor jalannya miring kiri terus loh!" 



Fakta 7



Ini masih berhubungan dengan motor. 
Yup, banyak sekali kalau ane perhatiin motor yang lagi parkir, fisiknya pada belepotan semua alias kotor. Motor bersih dan kinclong sepertinya hanya ada ketika motor itu masih baru, dan ane yakin hanya 35% aja biker yang peduli dengan kebersihan motornya. "Di cuci dong bro, kasihan tuh motor udah nganterin kita kemana-mana!", kata temen ane yang lain "Gebetan atau istri aja belum tentu mau nganter kita sampe tujuan, kepanasan, kena macet dan kehujanan segala"


Fakta 8



"Elo nyadar gak, bro, kalau gw perhatiin elo tuh boros banget!"
Kata ini pernah ane alami sendiri, dan emang rasanya nggak nyadar ternyata setelah dihitung-hitung pengeluaran ane lebih besar pasak daripada tiang listrik! nah, untuk menyiasati pemborosan mulai sekarang jangan malas dan malu untuk membuat catatan kecil kebutuhan kita, buat skala prioritas dalam seminggu atau sebulan, usahakan kita bisa sisipkan sedikit buat nabung gan



Fakta 9


Sistem kebut semalam atau SKS istilah untuk anak sekolahan 
akibatnya bikin stress, atau maunya usaha cepet besar bagi wirausahawan tiba-tiba bangkrut itu biasa terjadi. "Stres gwe besok ulangan, ntar malem gwe baru belajar!,  "Kenapa saya tetap bangkrut, padahal usaha saya ada di lokasi strategis". Sebenernya kalau kita gak malas untuk memulai sedari awal, meresapi dan menjalani secara bertahap, mempelajari kebutuhan pasar, kita akan lebih banyak memahami tujuan yang kita inginkan, memperoleh lebih banyak pengalaman dilapangan. Dengan begitu resiko yang kita dapat kelak bisa di cegah atau di minimalkan



Fakta 10



"Stress gwe tiap hari kena macet terus!"
Keluhan ini hampir setiap hari dialami di kota-kota besar, macam Jakarta. Sebenernya pemerintah udah kasih solusi menyediakan fasilitas umum, yah kita sih menyadari kalau fasilitas umum ini emang belum memadai, tapi setidaknya kalau kita nggak malas untuk naik angkutan umum urusan macet di jalan minimal akan berkurang.



Fakta 11



Ane kadang suka aneh sama temen, 
suatu hari dia baru beli smartphone mahal tapi ane lihat dia kebingungan. 
" Dul, napa loh?", "Ini gwe bingung gimana sih ganti suara ringtonenya". Sebenernya hal sepele gini kalau kita nggak males baca manual booknya kebingungan yang dialami temen ane itu gak perlu terjadi.



Nah gimana man-temans, gan and sista, 
beberapa sikap malas yang bisa ane jelaskan disini. Mungkin ada yang mau menambahkan dan punya cerita greget akibat sikap malas yang di pelihara ini? Share dimari dah, komentar greget akan ane pajang di pekiwan. terimakasih... SALAM ISKRIM 

ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel | art : sotoshop oleh iskrim




No comments