Apa Bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar?

Apa Bedanya Lingkaran, 
Bulat, dan Bundar? Ini Penjelasannya


"Hidup itu kadang berputar seperti lingkaran, 
kadang diatas kadang dibawah.." Sebuah ungkapan umum untuk menjelaskan makna sebuah siklus kehidupan seseorang. " Enak bener tahu bulat ini, beli dimana sih.." Tapi dalam realitanya orang kadang suka salah menempatkan kata Lingkaran, Bulat, dan Bundar dalam sebuah kalimat. Nah di thread kali ini mau menjelaskan makna atau arti sebenarnya nama-nama tadi. 

Akan lebih baik man-temans, gan and sista ikut mempraktekkan atau minimal membayangkan pejelasan yang ane terangkan disini biar lebih paham dan nggak salah omong lagi memakai kata-kata Lingkaran, Bulat, dan Bundar di kehidupan sehari-hari. Buat para jungker di mohon ikut juga mikir, minimal nggak salah komen


LINGKARAN

Sebuah lingkaran adalah kurva bidang dua dimensi. 
Sebuah lingkaran yang dibuat oleh himpunan titik-titik yang berada pada jarak yang sama dari titik yang tetap. Bagian tetap dikenal sebagai pusat lingkaran. Bagian di lingkaran pusat terdiri dari: diameter, radius, lingkar, chord, garis potong, tangen dan sebagainya. Bentuk lengkap lingkaran dapat ditarik berputar hingga 360 derajat. Secara awam lingkaran adalah sebuah garis utuh yang bergerak melingkar berawal dari satu titik dan bertemu ketitik awal tadi. Lingkaran hanya sebuah garis yang tidak memiliki volume atau isi.





Garis merah menunjukkan jari-jari
Garis kuning sepatu chord
Jalur hijau menunjukkan diameter
Biru menunjukkan lingkar dan garis hitam sepatu tangen lingkaran.




Nih gan, Penjelasan Perbagiannya


Radius: Adalah jarak antara setiap titik berbaring di permukaan lingkaran dan pusat. Radius lingkaran dinotasikan dengan r. Lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai Lokus dari titik berjarak sama dari titik tertentu yang disebut pusat. Jarak ini dikenal sebagai jari-jari lingkaran


Diameter: Adalah garis lurus yang titik akhir terletak pada permukaan lingkaran dan melewati pusat. Panjang diameter lingkaran adalah dua kali panjang jari-jari lingkaran. Diameter juga dapat dikenal sebagai Chord terpanjang lingkaran.


Chord: Adalah  garis lurus yang titik akhirnya terletak pada permukaan lingkaran. Chord terpanjang lingkaran adalah diameter. Sebuah akord dalam lingkaran membagi lingkaran menjadi dua segmen, satu segmen utama yang merupakan lebih besar dan satu segmen kecil yang merupakan salah satu yang lebih kecil. Dua akord yang memiliki satu ujung umum membuat sektor dalam lingkaran.


Sekan: Adalah garis yang memotong lingkaran tepat pada dua titik disebut garis potong lingkaran. Sebuah chord



Tangent: Adalah garis yang 'menyentuh' lingkaran
tepat pada satu titik disebut garis singgung.


TAMBAHAN VERSI WIKI INDONESIA
Beberapa istilah geometri mengenai lingkaran, yaitu :

Istilah yang menunjukkan titik, yaitu :
Titik pusat (P)
Titik tengah lingkaran, di mana jarak titik 
tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap.

------------------------------------------------------------------------------------

Istilah yang menunjukkan garisan, yaitu :
Jari-jari (R)
Garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran.
Tali busur (TB)
Garis lurus di dalam lingkaran yang
memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda.
Busur (B)
Garis lengkung baik terbuka, maupun tertutup
yang berimpit dengan lingkaran.
Keliling lingkaran (K)
Merupakan busur terpanjang pada lingkaran.
Diameter (D)
Tali busur terbesar yang panjangnya adalah dua kali dari jari-jarinya.
Diameter ini membagi lingkaran sama luas.
Apotema
Garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.

------------------------------------------------------------------------------------

Istilah yang menunjukkan luasan, yaitu :
Juring (J)
merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh
busur dan dua buah jari-jari yang berada pada kedua ujungnya.
Tembereng (T)
merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh
sebuah busur dengan tali busurnya.
Cakram (C)
merupakan semua daerah yang berada di dalam lingkaran.
Luasnya yaitu jari-jari kuadrat dikalikan dengan pi.
Cakram merupakan juring terbesar.




BULAT

Secara awam pengertian bulat adalah: sebuah lingkaran yang memiliki dimensi atau massa yang penuh di setiap sisi-sisinya, atau istilahnya bentuk utuh 3Dimensi (tri matra). Jadi misalkan orang menyebut; bumi itu bulat itu benar, tapi bila menyebut bumi itu bundar jadi beda makna dan artinya.

Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.

Sebuah gambar bangun lingkaran yang memiliki dimensi dan massa dengan jari-jari 'r'



BUNDAR

Istilah bundar dan bulat biasanya orang sering salah kaprah dalam menempatkan kata dalam kalimat. Secara awam Bundar dan Bulat memang sama-sama memiliki dimensi dan volume lingkaran. Namun perbedaan mendasar Bulat dengan Bundar adalah Bulat itu utuh membentuk 3Dimensi, tapi Bundar membentuk 3Dimensi cakram yang pipih. Seperti misalnya ; meja itu bundar, cakram motor itu bundar, uang logam itu bundar dan lain sebagainya.



Nah gimana man-temans, gan and sista, 
sekarang udah inget dan paham lagi kan apa bedanya Lingkaran, Bulat, dan Bundar? Jujur ane aja sampai sekarang masih sering ketuker nyebut antara Bundar dan Bulat. Punya pengalaman seru dengan kata-kata ini gan? Share dimari dong, komentar paling greget ane pajang di pekiwan dah... SALAM ISKRIM



ide: pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel | art : sotoshop oleh iskrim | 
diolah: ref 1ref 2ref 3



No comments