Keponya Ketika Biker Baru Beralih Ke Mobil, Dulu Ente Yang Mana?



Man-temans, Gan and Sista...salam hangat, jumpa lagi bersama.. ISKRIM. Namanya aja manusia, kalau mau disebut greget dalam hidupnya salah satunya yah perlu ngerasain yang namanya 'sensasi' menggunakan dua jenis kendaraan, motor dan mobil. Ketika masa sekolah menengah dulu hingga di semester 4, ane masih setia dengan motor kesayangan ane. Dari berangkat sekolah, jemput gebetan, kena tilang pertama kali.., yah dirasakan ketika naik motor, banyak greget dan pengalaman yang ane dapatkan ketika itu. 

Dan pada akhirnya memasuki kuliah semester ke 5 ane berhasil memiliki kesempatan merasakan dan membawa sendiri mobil second hasil dari nabung sejak ane sekolah smp dan nguli kerja sambilan yang mayan menguras tenaga dan fikiran. Bukannya mau pamer, tapi ada hikmah yang perlu ane share dimari, yup share tentang ke-kepoan dan ke-galauan yang bercampur menjadi satu dalam tulisan ane kali ini.

Sebagaimana kita ketahui, posisi kita sebagai rider ataupun driver, pasti memiliki gaya dan sensasi yang berbeda. Seneng yah Krim punya mobil? Seneng laaaaaaaah emoticon-Peace Tapi yah itu..., tentu ada ke-kepoan atau ke-galauan yang tentu kita rasakan disaat mengendarainya. Lalu, apa aja sih ? Yup..lanjuuuut kita baca!



KEPO 1


SUDUT PANDANG
MOTOR: Lumayan luas karena tidak terhalang oleh frame mobil, kurang fokus di depan, jarak posisi pandang tergantung tinggi rider "Asyik, gwe nyetir bisa sambil lirik kanan-kiri, view bebas kemana aja suka" 

MOBIL: Terbatas, tapi bisa terbantu oleh spion belakang dan sensor, beberapa tambahan aksesoris di depan. "Njir, pandangan gwe tergantung sama spion dan sensor parkir doang.."




KEPO 2



RUANG GERAK
MOTOR: Motor lebih bebas, gesit, bisa memotong dan menikung di jalur sempit, bisa cepat mengambil posisi "Masih ada selah nih, gwe potong jalur aja daaahh...uhui!"

MOBIL: Karena body lebih besar dan lebar maka kita kudu sabar menunggu kendaraan di depan mulai maju, driver bebas gerak tapi hanya di dalam kendaraan aja "Fakk, kena macet lagi, tuh motor enak banget masih bisa maju aja, lehuga hehe..."



KEPO 3



BEDA BENTUK KEMUDI
MOTOR: Motor seperti halnya sepeda, karena minim getaran dibanding mobil, dan hanya memiliki dua roda maka bentuk setir atau stang sepeda berbentuk 2 tumpuan aja "Manuver pake motor paling enak dan simple, apalagi masuk jalan sempit" 

MOBIL: Mobil memiliki jumlah roda 4 dan lebih berat dari motor, maka bentuk setir bulat memudahkan pada saat mobil akan memutar atau berbelok. "Untung udah power sterring, kalau belom bakal ber-urat dah tangan gwe.." 



KEPO 4



LEBIH NYAMAN
MOTOR: Senyaman-nyamannya motor, meskipun motor mahal sekalipun tetap aja saat panas dan hujan gak bisa melindungi penuh badan biker, motor juga lebih rentan terhadap benturan, full music dg headset. "Ngadem dulu dah, kehujanan nih!"

MOBIL: Beda dengan mobil, sejelek-jeleknya mobil saat panas atau hujan masih bisa melindungi driver, driver lebih terlindungi oleh body mobil dari benturan, ber AC, music, video, dan charge gadget, dll "Widiih diluar panas terik, ac di pollin aja deh, eh iya usb gwe mana yah..." 



KEPO 5



BEDA ADRENALIN
MOTOR: Karena body lebih ramping, biker bisa merasakan sensasi di jalur sempit dan stop and go di lajur yang diinginkan "Perasaan udah top speed nih, itu bajaj kenapa masih di depan gwe aja ya"

MOBIL: Memerlukan ruang gerak dan jarak di depan yang lebih dari cukup, namun saat udah top speed gak bisa tertandingi oleh motor gede sekalipun. "Baru pake gigi 3, berasa udah top speednya naik motor nih, hehe..." 



KEPO 6



PARKIR
MOTOR: Bisa dikatakan parkir dimana aja bisa, selama gak ganggu kendaraan yang lain, kang parkir hanya peduli disaat kita akan membayar di pos parkir..bikin gondok! Motor bisa berhenti sembarang tempat sambil ngupi atau rehat sejenak di warung-warung kecil "Wew, blom ngopi nih, di depan ada warkop, minggir dulu dah..." 

MOBIL: Mikir 3x buat cari parkiran, sekali dapet posisinya pasti lebih nyaman dari motor, dan kang parkir biasanya lebih perhatian saat mobil akan parkir atau keluar dari parkiran, driver mau ngopi kudu cari parkiran yang luas dan jadi merepotkan. "Perut laper, tanggal tua, mau makan di warteg, cari parkiran kok susah ya"



KEPO 7



LEBIH CEPAT
MOTOR: Keunggulan yang gak bisa di dapet 'selamanya' oleh mobil adalah,  motor bisa masuk ke jalan sempit dan jalan pintas tertentu. "Sori bro, gwe sampe duluan nih, ciaooo!" 

MOBIL: Udah jadi takdir, body besar, 'selamanya' kudu sabar untuk menunggu antrian, baru bisa bergerak saat di depannya mulai berjalan. "Sekalinya gwe lepas dari antrian panjang ini, gwe pasti di depan elo tong!" 



KEPO 8



MOTOR: Bebas tips ganda, kecuali biker parkir ditempat parkir liar
"Perasaan di depan tadi udah di mintain uang parkir deh.." 

MOBIL: Perlu uang recehan, selain siap uang pas untuk bayar tol, bayar parkir, kita kudu siapin buat kasih tips  buat pak ogah yang telah 'berjasa' membuka jalur buat mobil 
"Di depan, puteran masih ada 3 lagi nih...wew!"



KEPO 9



MOTOR: Biaya perawatan, aksesoris, perpanjangan pajak, stnk dan sim lebih murah 
dan saat ini pengurusan perpanjangan stnk dan sim bisa di mall tertentu "Dompet lagi krisis euy., service di bengkel bang Rojak aja dulu deh.."

MOBIL: Kebalikan motor, rata-rata biaya yang dikeluarkan mobil lebih besar,  dan pengurusan pajak dan perpanjangan pajak masih di tempat tertentu. "Udah waktunya service nih, ada tunggakkan lain gak yah.."



KEPO 10



MOTOR: Motor memiliki kasta tersendiri dan sensasi yang berbeda dari mobil
"Beib, biar makin hangat kamu nempel terus dong di punggung aku" 

MOBIL: Lebih mudah buat cari gebetan emoticon-Peace, dianggap orang lebih mampu dari pemilik motor. Njir, kok susah banget nyetir sambil di peluk ya..."



Nah, begitulah man-temans, gan and sista, beberapa ke-kepoan dan ke-galauan ketika kita memiliki motor dan mobil. Masa transisi diataslah yang ane rasakan ketika masa-masa transisi beralih ke kendaraan roda empat. Barangkali man-temans, gan and sista memiliki sensasi atau pengalaman yang berbeda? 



No comments