Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!



Jumpa lagi dan salam hangat selalu man-temans, gan and sista.. ISKRIM is back. Sekarang ane mau bahas soal kesehatan ney, yakni mengenai persoalan perolehan suara, eh maaf maksudnya soal suara. Suara, suara apaan sih, Krim? Iya persoalan suara yang keluar dari mulut kita, alias suara yang dihasilkan melalui pita suara. Melalui mulut, kita jadi bisa saling komunikasi lewat suara, bernyanyi, berdoa, dan menggerutu.

Nah persoalannya adalah, bagaimana jika tiba-tiba kita kehilangan suara? wew, bakal gaswat dah. Mereka yang berprofesi sebagai penyiar atau penyanyi misalnya, akan mengalami kiamat kecil kalau tiba-tiba suara mereka hilang, atau ente yang orang biasa-biasa aja, namun suatu ketika ingin menyatakan "I Love You.." kepada pasangan tiba-tiba nggak keluar suara dari mulut ente, tentu kita nggak ingin hal ini terjadi kan?

Supaya nggak penasaran apa itu Laringitis, nyok kita bahas disini. Semoga trit ini bisa menambah pengetahuan dan jadi lebih peduli untuk menjaga kesehatan terutama organ vital pita suara kita ini. Lanjuuut...,


 APA ITU LARINGITIS?


 Laringitis, adalah suatu kondisi dimana pita suara membengkak sehingga suara menjadi serak. Pita suara adalah lipatan membran mukosa pada laring. Saat meradang, suara yang terbentuk dari udara yang melewati pita suara menyebabkan suara parau. Laringitis biasanya hilang dalam waktu 2-3 minggu, namun penyakit ini dapat bertahan lebih lama, sehingga disebut dengan Laringitis kronis. Laringitis kronis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, tergantung penyebabnya.

  



Pentingnya kesadaran merawat dan menyadari betapa vitalnya pita suara kita sangatlah perlu di jaga mulai saat ini yah gan. Menurut beberapa sumber yang ane kumpulkan, Laringitis atau peradangan pada pita suara ditimbulkan oleh beberapa sebab. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan banyak bicara, menyanyi, orang yang rutin terpapar asap rokok, mengkonsumsi alkohol berlebih, infeksi virus pada saluran udara bagian atas (biasanya virus yang menyebabkan pilek), cedera vokal (misalnya akibat berteriak dan penggunaan suara yang berlebihan), infeksi virus pada saluran udara sebelah atas (biasanya virus yang menyebabkan pilek), peradangan atau infeksi sinus.
 
 

 TANDA-TANDA 
& GEJALA LARINGITIS



GEJALA UTAMA LARINGITIS
Suara jadi lebih berat, Serak, Atau hilang, Demam, Batuk Kering, Sakit Tenggorokan, Leher Mendongak, Hidung Tersumbat, Pembesaran Kelenjar Getah Bening atau Kelenjar di Leher.

GEJALA LAINNYA
Akibat Reaksi Alergi, Infeksi, Bronkitis, Gastroesophageal Reflux Disese (GERD), Trauma, Bahan Kimia dan Stimulator, Pneumonia, Infeksi Saluran Pernapasan Atas Akut.

LARINGITIS TINGKAT RENDAH BISA KITA OBATI DENGAN CARA
Isitirahat, mengurangi porsi berbicara dan perbanyak minum air dan makan buah segar yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon dll. Jika penyebab Laringitis adalah infeksi bakteri, dokter ente akan memberikan antibiotik. Jika penyebab Laringitis adalah tumor, dokter dapat melakukan pengangkatan tumor. Meski begitu diusahakan tetap dalam pengawasan dokter.

LARINGITIS TINGKAT AKUT atau KRONIS
Tentu saja perlu pengawasan dokter spesialis. Kondisi terparah pada tingkat ini dapat menyebabkan kehilangan suara total atau kematian emoticon-Takut (S). Dan jika, gejala lanjutan ini ente alami dengan tanda seperti : Suara Makin Serak , Batuk Darah, Demam Tidak Membaik, Sakit Tenggorokan Semakin Parah, Sulit Menelan maka segeralah konsultasikan ke dokter spesialis ente gan.

 

BAHAYANYA LARINGITIS BAGI ANAK 

 
 Beberapa bentuk Laringitis pada anak dapat menyebabkan obtruksi (penyumbatan) saluran pernapasan yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, seperti penyakit Croup dan Epiglotitis

 


 PERBEDAAN LARINGITIS 
dengan RADANG TENGGOROKAN



 Penyakit Laringitis lebih dominan disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur, akibat dari penggunaan suara yang berlebihan, bronkitis, dan pneumonia. Sedangkan radang tenggorokan sendiri lebih disebabkan oleh gejala dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti penyakit flu, bersifat noninfeksi yaitu sleep apnea.


  


 LANGKAH PENGOBATAN LARINGITIS

 
Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah penyebab suara serak adalah infeksi saluran napas atau bukan. Pasien dengan suara serak lebih dari 1 bulan (khususnya perokok nih!) membutuhkan pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan untuk memeriksa tenggorokan dan saluran napas atas. Dokter Anda dapat melakukan laringoskopi atau biopsi untuk memastikan diagnosis.

Untuk pengobatan dirumah, jadwalkan kontrol untuk melihat perkembangan gejala dan kesehatan ente ya gan, jangan sembarang meminum obat, tidak semena-mena berhenti mengonsumsi obat yang diresepkan, gunakan penghangat atau uap hangat pada seputar leher, banyak minum air, sup hangat seperti sup ayam baik dikonsumsi, diharamkan memakan gorengan, hubungi dokter jika ente demam atau sulit bernapas, atau gejala lebih dari 2 minggu, istirahatkan suara ente sebanyak mungkin, hindari pemaparan terhadap bahan penyebab iritasi seperti asap rokok, mengobati penyebab dasarnya seperti pilek, sinusitis atau refluks asam mampu meringankan penyakit ini.

 

 BEBERAPA ARTIS YANG PERNAH 
MERASAKAN PENYAKIT LARINGITIS





No comments